Presentasi Literasi, Mari Bangkitkan Semangat Budaya Membaca

Literasi
Presentasi oleh Ibu Agustin Dwi P, S.Pd.
Buku adalah jendela dunia yang mampu memberikan banyak informasi kepada siapa yang mau membuka dan membacanya. Banyak makna dibalik kata buku ini, bukan sekedar buku cetak maupun buku pelajaran semata. 

Untuk itulah di ayat pertama yang diturunkan dalam Al Qur'an berbunyi Iqro' yang memiliki makna bacalah. Dari sinilah kita mengetahui bahwa begitu pentingnya membaca bagi kita. Begitu banyaknya hal yang harus kita pelajari dalam kehidupan, terutama kita sebagai Pendidik maupun Pelajar yang merupakan penggerak roda kehidupan Bangsa Indonesia.

Literasi membaca merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali semangat membaca guru dan siswa di sekolah yang sudah mulai menurun. Kita sadari bahwa perkembangan teknologi informasi memanglah tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa kita bendung, namun kitalah yang harus bijak dalam mensikapi. Iya salah satu caranya adalah dengan menggiatkan kembali semangat baca kita dan juga anak didik kita.

Kita juga tahu bahwa kecenderungan anak terhadap permainan game dalam gadget lebih tinggi dibandingkan dengan ketertarikan anak terhadap buku. Namun disinilah peran kita, bagaimana upaya kita untuk menjembatani hal ini. Bagaimana upaya kita untuk memberikan motivasi betapa pentingnya membaca, betapa menariknya kisah maupun cerita-cerita yang ada di dalam buku. Tentunya orang tua dan guru memberikan arahan tentang apa yang harus dibaca oleh putra-putri bangsa ini.

Mari kita selamatkan generasi kita dari kebutaan dunia, mari kita bangkitkan kembali semangat baca generasi kita.

Berikut beberapa dokumenasi presentasi buadaya literasi SD Gumulan pada hari Sabtu, 07 Oktober 2017

Budaya Literasi
Presentasi Oleh Bapak Robani, S.Pd.

Budaya Literasi
Presentasi Oleh Ibu Walijem, S.Pd.SD 

Budaya Literasi
Presentasi Oleh Ibu Yatinem, S.Pd

Demikianlah sedikit catatan kecil tentang kegiatan di SD Gumulan, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.